Primbon Weton Jawa

Hitungan Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam dan Primbon Jawa

Dalam segala kegiatan dan aktivitasnya, orang tua Jawa zaman dulu selalu menggunakan pitung atau hitungan penanggalan tertentu sebagai suatu syariat untuk memperoleh kebaikan dari kegiatan yang dikerjakannya. Hal ini juga termasuk dalam kegiatan pindah rumah. Menurut primbon Jawa, seseorang yang hendak pindah rumah hendaknya menghitung hari apa yang akan dipakainya untuk awal kali menempati rumah baru. Pemilihan hari baik dilakukan agar setelah menempati rumah barunya, para pemilik rumah bisa betah dan dapat memperoleh kebaikan dari rumah yang ditinggalinya. Lantas, bagaimana pandangan Islam terkait pemilihan hari baik pindah rumah menurut hitungan primbon Jawa? Adakah syariat pemilihan hari baik pindah rumah menurut Islam yang dicontohkan Rasululloh SAW?


Hari Baik Pindah Rumah Menurut Primbon Jawa

Dalam hitungan primbon weton Jawa, seseorang yang hendak melakukan pindahan rumah hendaknya memperhatikan 2 hal. Pertama, terkait arah mata angin mana rumah barunya berada dilihat dari rumah yang sekarang, dan kedua, bulan apa ia akan melakukan pindahan.

Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam dan Primbon Jawa

Kedua hal tersebut terkait dengan keberadaan naga tahun. Apakah naga tahun itu? Naga tahun dalam mitologi Jawa adalah sebuah perlambang keburukan. Naga ini berpindah letaknya setiap 3 bulan sekali dengan urutan memutar, yakni arah Timur, Selatan, Barat, Utara, dan kembali lagi ke Timur di tahun baru Jawa. Saat kita pindah, disarankan agar kepindahan kita menuju arah yang menjauhi letak naga tahun berada.

Berikut ini adalah rangkuman singkat tentang keberadaan naga tahun dalam penanggalan Tahun Jawa sebagai gambaran untuk Anda.

  1. Pada bulan Suro, Safar, dan Mulud, naga tahun sedang berada di arah Timur.
  2. Pada bulan Bakda Mulud, Jumadil Awal, dan Jumadil Akhir, naga tahun sedang berada di arah Selatan.
  3. Pada bulan Rajab, Ruwah, dan Puasa, naga tahun sedang berada di arah Barat.
  4. Pada bulan Syawal, Hafidz, dan Besar, naga tahun sedang berada di arah Utara.

1. Pindah Rumah ke Arah Timur

Bila rumah baru Anda terletak di arah Timur dari rumah yang sekarang, maka Anda disarankan untuk melakukan pindahan pada bulan Rajab, Ruwah, dan Puasa. Pada ketiga bulan tersebut, naga tahun tengah berada di arah Barat. Kepindahan menuju arah timur pada 3 bulan tersebut membuat Anda dapat menjauhi naga tahun atau keburukan yang mungkin dapat menimpa Anda.

Anda juga boleh melakukan pindahan pada bulan Bakda Mulud, Jumadil Awal, dan Jumadil Akhir saat dimana naga tahun berada di Selatan, atau pada bulan Syawal, Hafidz dan Besar saat dimana naga tahun berada di Utara. Kendati demikian, hari hari di bulan Rajab, Ruwah, dan Puasa adalah hari baik pindah rumah menurut primbon jika hendak pindah ke arah timur.

2. Pindah Rumah ke Arah Selatan

Bila rumah baru Anda terletak di arah Selatan dari rumah yang sekarang, maka Anda disarankan untuk melakukan pindahan pada bulan Syawal, Hafidz dan Besar. Pada ketiga bulan tersebut, naga tahun tengah berada di arah Utara. Kepindahan menuju arah Selatan pada 3 bulan tersebut membuat Anda dapat menjauhi naga tahun atau keburukan yang mungkin dapat menimpa Anda.

Anda juga boleh melakukan pindahan pada bulan Suro, Safar, dan Mulud saat dimana naga tahun berada di Timur, atau pada bulan Rajab, Ruwah, dan Puasa saat dimana naga tahun berada di Barat. Kendati demikian, hari hari di bulan Syawal, Hafidz dan Besar tetap menjadi hari baik pindah rumah menurut primbon jika hendak pindah ke arah Selatan.

3. Pindah Rumah ke Arah Barat

Bila rumah baru Anda terletak di arah Barat dari rumah yang sekarang, maka Anda disarankan untuk melakukan pindahan pada bulan Suro, Safar, dan Mulud. Pada ketiga bulan tersebut, naga tahun tengah berada di arah Timur. Kepindahan menuju arah Barat pada 3 bulan tersebut membuat Anda dapat menjauhi naga tahun atau keburukan yang mungkin dapat menimpa Anda.

Anda juga boleh melakukan pindahan pada bulan Bakda Mulud, Jumadil Awal, dan Jumadil Akhir saat dimana naga tahun berada di Selatan, atau pada bulan Syawal, Hafidz dan Besar saat dimana naga tahun berada di Utara. Kendati demikian, hari hari di bulan Suro, Safar, dan Mulud adalah hari baik pindah rumah menurut primbon jika hendak pindah ke arah Barat.

4. Pindah Rumah ke Arah Utara

Bila rumah baru Anda terletak di arah Utara dari rumah yang sekarang, maka Anda disarankan untuk melakukan pindahan pada bulan Bakda Mulud, Jumadil Awal, dan Jumadil Akhir. Pada ketiga bulan tersebut, naga tahun tengah berada di arah Selatan. Kepindahan menuju arah Selatan pada 3 bulan tersebut membuat Anda dapat menjauhi naga tahun atau keburukan yang mungkin dapat menimpa Anda.

Anda juga boleh melakukan pindahan pada bulan Suro, Safar, dan Mulud saat dimana naga tahun berada di Timur, atau pada bulan Rajab, Ruwah, dan Puasa saat dimana naga tahun berada di Barat. Kendati demikian, hari hari di bulan Bakda Mulud, Jumadil Awal, dan Jumadil Akhir tetap menjadi hari baik pindah rumah menurut primbon jika hendak pindah ke arah Utara.

Sudah cukup jelas bukan bagaimana perhitungan hari baik pindah rumah menurut primbon Jawa. Secara sederhana, dapat kita simpulkan bahwa untuk pindah rumah, pilihlah hari pada bulan-bulan yang tidak sedang disinggahi oleh naga Tahun. Karena jika Anda pindah menuju arah keberadaan naga tahun, dipercaya akan ada keburukan yang datang pada Anda dan keluarga.

Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam

Lain halnya dengan pemahaman primbon, dalam Islam, semua hari dan bulan dianggap merupakan kebaikan. Anda diperbolehkan untuk pindah kapan saja dan kemana saja dengan mengharap ridho dan keberkahan dari Alloh SWT. Kendati begitu, jika kepindahan Anda adalah kepindahan yang jauh, hendaknya melakukan pindah pada bulan syafar, bulan dimana bepergian menjadi hal yang baik.

Demikian penjelasan mengenai hari baik pindah rumah menurut Islam dan primbon Jawa yang dapat kami sampaikan. Mau menggunakan hitungan ini atau tidak, semuanya diserahkan kepada Anda. Yang jelas kami hanya menyampaikan sedikit pengetahuan kami supaya bisa bermanfaat bagi semua. Salam.

0 Response to "Hitungan Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam dan Primbon Jawa"